Bawang Merah Bisa Mengobati Kencing Manis

bawangmerah Bawang merah atau dalam bahasa inggris disebut dengan Shallot, dikelaskan dalam famili Alliaceae dalam Asparagales. Nama latinnya adalah Allium cepa. Bentuk bawang merah juga lebih kecil dari bawang putih, dan rasanya lebih manis. Sering juga dipotong tipis-tipis, digoreng kering untuk ditaburkan pada berbagai jenis masakan. Efek pada rasa sangat kuat, menyedapkan dan mengharumkan masakan. Baunya memang sangat khas, dan agak berkurang saat digoreng atau diolah menjadi bumbu.

Tapi taukah anda, dibalik manfaatnya yang bisa dibuat untuk bumbu masakan menjadi lezat, bawang putih dapat mengobati penyakit diabetes mellitus atau kencing manis. Diabetes mellitus merupakan sejumlah gangguan yang memiliki ciri-ciri khas utama tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes berarti "mengalir terus" karena penderitanya selalu minum dan dalam jumlah banyak, kemudian mengalir terus berupa urin alias kencing. Sementara mellitus berarti "manis", sebab urin penderitanya mengandung glukosa alias gula darah yang berasa manis.

# Ada dua kategori DM yang paling umum, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

  • Diabetes tipe 1, DM yang diidap oleh 5-10 persen penderita, biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dewasa muda.

  • Sementara diabetes tipe 2, DM yang diidap oleh 90-95 persen dari semua penderita diabetes, meningkat dalam jumlah, khususnya pada populasi minoritas.

diabetes Penelitian Waspadji tahun 1982 menemukan, ada 1,7 persen penderita diabetes di Jakarta, dan tahun 1992 naik menjadi 5,7 persen. Penelitian epidemiologi di Depok tahun 2001, kerja sama Perkeni (Perkumpulan Endokrinolog Indonesia) dan Departemen Kesehatan-mendapatkan jumlah penderita diabetes 6,2 persen. (Kompas, 5 November 2001). Kasus diabetes paling banyak di Indonesia dijumpai di Manado yang mencapai 6,1 persen. (Kompas, 29 Mei 2002). Selama berabad-abad, lebih dari 400 tanaman berhasil dikenali sebagai "obat" diabetes. Di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, bawang merah mentah sudah lama dijadikan makanan pilihan favorit untuk mengendalikan gula darah. Di Puerto Rico, Kuba, dan Santo Domingo, paria telah digunakan secara luas sebagai "obat" tradisional untuk diabetes.

Bawang merah mengandungi Vitamin C, Potassium, serat dan Asid Folic. Selain dapat mengobati kencing manis, bawang merah banyak digunakan oleh masyarakat di pedesaan dan di daerah-daerah di Indonesia untuk meredakan demam pada anak, perut kembung, muntah-muntah, masuk angin, kerokan, dan batuk. Yang digunakan adalah bagian umbinya yang segar. Caranya, bawang merah dikupas kulitnya dan dipukul sampai hancur. Serpihan bawang merah ini dibalurkan ke perut bayi atau anak-anak yang mual, masuk angin, dan muntah-muntah.

Khasiat Bawang Merah

shallot Bawang merah sudah lama menduduki tempat terhormat dalam ilmu kedokteran sebagai "obat" diabetes. Penelitian modern menunjukkan, bawang merah memiliki "kekuatan" menurunkan gula darah, dan dayanya dimiliki pada kadar yang ditemukan dalam makanan.

Menurut teori tim peneliti, bawang merah mempengaruhi metabolisme gula dalam hati, atau metabolisme pelepasan insulin, dan / atau mencegah perusakan insulin. "Agen" yang mungkin mempunyai kemampuan hipoglikemia, menurunkan kadar gula darah, aktif itu adalah allyl propyl disulfide dan allicin. Bukti eksperimen dan klinis menunjukkan bahwa allyl propyl disulfide menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan "masa hidup" (lifespan) insulin.

Hasil penelitian lain menunjukkan, bawang merah mempunyai efek menurunkan gula dan lemak darah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menambahkan bawang merah ke dalam setiap hidangan makanan. Bawang merah dapat digunakan setelah makan dalam jumlah bebas.

2 comments:

mind author mengatakan...
22 Agustus 2009 pukul 17.30  

wah bagus nih infonya..thanks bro

armouris mengatakan...
11 Oktober 2009 pukul 10.56  

info tentang diabetes kat sini - Komplikasi dan Simptom Diabetes dan sini - Kencing Manis Punca Sakit Jantung, Darah Tinggi, Buah Pinggang Rosak,

Update terkini isu-isu semasa kesihatan ada di infokesihatan@twitter.

Posting Komentar

rahasia panas
tabungan ekstra
LinkGrand.com
WordLinx - Get Paid To Click

Recent Comments

Top Comments

Site Stats

blogarama - the blog directory berisi tentang semua khasiat yang terdapat di alam Health Blogs - Blog Catalog Blog Directory free counters