Cegah Kanker Dengan Rumput Laut

rumput-laut- Tentang Rumput Laut

Sebagai bahan pangan, rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang dan Cina semenjak ribuan tahun yang lalu.

 

Sebenarnya apa rumput laut itu? Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed. Perairan laut Indonesia dengan garis pantai sekitar 81.000 km diyakini memiliki potensi rumput laut yang sangat tinggi.

 

Tercatat sedikitnya ada 555 jenis rumput laut di perairan Indonesia, diantaranya ada 55 jenis yang diketahui mempunyai nilai ekonomis tinggi, diantaranya Eucheuma sp., Gracilaria sp. dan Gelidium sp. Sejak zaman dulu rumput laut telah digunakan manusia sebagai makanan dan obat-obatan.

 

Pertumbuhan dan penyebaran rumput laut sangat tergantung dari faktor-faktor oseanografi (fisika, kimia dan pergerakan atau dinamika laut) serta jenis substrat dasarnya. Untuk pertumbuhannya, rumput laut mengambil nutrisi dari sekitarnya secara difusi melalui dinding thallusnya. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

 

Kandungan yang terdapat pada rumput laut antara lain :

Karbohidrat 39-51%, Protin 17,2 -27,13%, Lemak 0,08%, abu 1,5%, beberapa mineral K, Ca,P, Na,Fe, I. Nah yodium ini yang paling banyak dalam rumput laut. Disamping Vitamin : A, B1, B2, B6, B12, C (caroten).

 

Pemanfaatan Rumput Laut Secara Umum adalah :

Makanan dan susu (Ice cream, yoghurt, cokelat susu, pudding instant)    
Minuman (Minuman ringan, jus buah, bir) 
Roti    
Permen    
Daging ikan dalam kaleng     
Saus, salad dressing, kecap     
Makanan diet (Jelly, jam, sirup, puding)  
Makanan bayi     
Non pangan (Makanan hewan, makanan ikan, cat, keramik, tekstil, kertas)    
Farmasi dan kosmetik (Pasta gigi, shampoo, obat tablet, salep) 

rumput laut Khasiat Rumput Laut

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya :

  1. Antikanker PenelitianHarvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanitapremenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kankerpayudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makanwanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
  2. Antioksidan Klorofilpada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat inimembantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangatberbahaya bagi tubuh.
  3. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanandarah pada penderita hipertensi.
  4. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihangaram pada tubuh.
  5. Makanan Diet Kandunganserat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifatmengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangatbaik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicernasehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Budi Sutomo.

2 comments:

uno mengatakan...
22 Juni 2011 pukul 00.55  

artikel anda sanat menaik. rumput laut merupakan tanaman yang unik, dimana selan bisa menjadi penganan yang enak, bisa juga digunakan sebagai obat

Keset Animasi mengatakan...
25 Juli 2013 pukul 19.25  

he2.. ini jadi menu buka puasa.
di campur sama buah, dan di bikin jadi sup buah. enak lohhh.

Posting Komentar

rahasia panas
tabungan ekstra
LinkGrand.com
WordLinx - Get Paid To Click

Recent Comments

Top Comments

Site Stats

blogarama - the blog directory berisi tentang semua khasiat yang terdapat di alam Health Blogs - Blog Catalog Blog Directory free counters