Khasiat Ubi Jalar

Ubi-Jalar_large ubi jalar, selain rasanya yang enak, ternyata ubi jalar mempunyai banyak manfaat buat kesehatan. Ubi jalar biasa kita temukan di warung – warung yang menjual gorengan, menggunakan minyak sebenarnya kurang bagus buat tubuh kita, jadi alangkah baiknya jika dalam penyajiannya, ubi jalar di rebus saja. Sayangnya, makanan dari ubi bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya hanya dikenal sebagai makanan rakyat di pedesaan.

 

Tahukah Anda, ubi jalar sangat kaya akan antioksidan. Semakin pekat warnanya, semakin banyak kandungan antioksidannya. Uji jalar mempunyai beragam warna, ada yang berwarna ungu, ,merah, kuning pucat atau putih. Warna tergantung pada jenisnya, jenis tanah, iklim serta mineral.

 

Merah pertanda kaya Betakaroten Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Yang paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu ada juga yang ungu maupun merah. Sekalipun disebut ubi jalar merah, sebenarnya warna daging buahnya adalah tidak merah, tapi kekuningan hingga jingga alias orange.

 

Mengapa pilih yang merah ? Dibanding ubi jalar putih,tekstur ubi jalar merah memang lebih berair dan lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.

 

Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 - 3600 mkg sehari.

 

Kandungan kimia pada ubi jalar adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari. Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida. Menyantap ubi jalar merah 2 - 3 kali seminggu membantu kecukupan serat. Apabila dimakan bersama kulitnya menyumbang serat lebih banyak lagi.

 

Ubi Jalar GiziSumber : Direktorat Gizi Depkes RI, 1981, Suismono, 1995)

Berikut beberapa manfaat dari ubi jalar :

  1. Kekebalan tubuh : Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor. Hal ini membuat ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.
  2. Peradangan : Walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, ubi jalar juga mengandung anti peradangan. Didukung dengan adanya beta karoten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.
  3. Asma : Ubi jalar juga efektif dalam mengatasi hidung mampat, bronchitis dan  paru-paru. Dengan begitu akan meredakan asma. Hal ini disebabkan oleh aroma khas yang dimiliki ubi jalar.
  4. Bronchitis : Kandungan vitamin C, besi serta nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya). Kandungan ini juga berfungsi untuk menyembuhakn bronchitis, terlepas dari kandungan lain yang bisa meredakan kemampatan.
    SBY pertanian ubi jalar1
  5. Arthritis : Beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.
  6. Pencernaan : Selain rasanya yang enak, kandungan serat dalam ubi jalar juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang pada umumnya. Kalau kedua faktor ini disatukan dengan mineral-mineral lainnya seperti magnesium yang dikandung ubi jalar, maka makanan satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantu pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.
  7. Kanker : Kandungan beta karoten, antioksidan dan anti karsinogen utama, yang merupakan penyebab warna pada kulit ubi jalar serta vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.
  8. Keseimbangan air : Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.
  9. Radang lambung : Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks dan vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, karena itu akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit
    dan peradangan lambung.
  10. Diabetes : Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.
  11. Untuk menambah berat badan : Hal ini sangat mudah dipahami. Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apapun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.
  12. Keuntungan lain : ubi jalar juga efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu. Selain itu, juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi beta karoten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular.

25 comments:

asmanu mengatakan...
5 Maret 2010 pukul 16.37  

wah baru tahu kalau ubi itu banyak khasiatnya yang salah satunya sebagai antioksidan....terima kasih sharingnya..

mind author mengatakan...
5 April 2010 pukul 22.48  

ubi kuning yang bnyk manfaatnya..cobain aja

fatkhur mengatakan...
10 Juli 2010 pukul 06.16  

bos cara menggemukkan badan yang cepat bagaimana?

Anonim mengatakan...
23 September 2010 pukul 20.22  

Sumber manfaatnya itu darimana ya? Saya ingin tahu sumbernya darimana. Tolong sumbernya dikirim ke e-mail saya, yaitu freya_atreides@yahoo.com. Terima kasih

pulzzahut mengatakan...
5 Juni 2011 pukul 11.49  

wah ubi satu ini banyak gizinya jg, baiknya di buat bahan dasar roti aja

naels mengatakan...
2 Oktober 2011 pukul 20.43  

makasih untuk infonya, gbu

Ardy manda putra mengatakan...
25 November 2011 pukul 07.08  

Apakah boleh mengkonsumsi ubi jalar setiap hari ? Jawab ya ....

Galuh mengatakan...
5 Juli 2012 pukul 20.58  

wah bisa untuk mengatasi asma jugau ubi jalar ini. makasih infonya.

Wood flooring mengatakan...
5 September 2012 pukul 10.32  

Ubi jalar juga dapat menurunkan asam urat? Apa betul?

obat mata herbal mengatakan...
19 November 2012 pukul 19.46  

bagus ubi jg dpt dibuat makanan alternatif..

Tryout SBMPTN mengatakan...
15 Januari 2013 pukul 23.22  

Tolong dicantumin sumber referensi terutama untuk depkesnya itu

riany bungsu mengatakan...
4 Maret 2013 pukul 21.55  

cantumkan komposisi kimia ubi jalar setelah di fermentasi dong...
pleasee,,,,

Unknown mengatakan...
12 Desember 2013 pukul 04.23  

Makan yg banyak bos. ..hehehe..dan olahraga yg teratur.

ipin mengatakan...
2 Februari 2014 pukul 14.50  

murah sehat siippp

oepink mengatakan...
13 Februari 2014 pukul 03.12  

Coba ah

Unknown mengatakan...
6 Januari 2015 pukul 22.31  

Ada yang warna merah yah ?? Saya kira warna ungu tua. Ternyata luar biasa manfaat dari ubi ini. Hemm saya paling suka kalau di kukus.

Jual Obat Khusus Penyakit Benjolan mengatakan...
8 Februari 2015 pukul 20.05  

informasi yang bgaus dan sangat bermanfaat sekali tentunya

Obat Untuk Kelenjar Getah Bening Di Leher mengatakan...
8 Februari 2015 pukul 20.19  

salam kenal dari aku rama putra

pecinta kucing kampung mengatakan...
4 November 2015 pukul 05.50  

Aku sudah lama mengganti nasi ma ubi manis, berat badanku naik dan gemuknya itu gak glambir tapi padat, jadinya semok :D . Terus daya tahan tubuh lebih kuat, biasanya sblm mengkomsumsi ubi manis secara rutin setiap kali perjalanan jauh aku gampang cape, skrng udah enggak lagi, dulu sebulan sekali kedokter muka buat ngobatin jerawat, skrng engga pernah sekalipun jerawatan meski gak pake apa-apa, ubi manis top banget deh :)

Unknown mengatakan...
13 November 2015 pukul 00.22  

Kalau konsentrasi dari ekstrak ubi ungu ini biasanya dalam pembuatan lulur atau masker wajah berapa ya konsentrasinya...?

Fransiska mengatakan...
10 Februari 2016 pukul 05.11  

Saya baru tau ubi jalar banyak manfaatnya.

Qurrota A'yun mengatakan...
11 Oktober 2016 pukul 08.47  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Qurrota A'yun mengatakan...
11 Oktober 2016 pukul 08.49  

Tips detail nya donk.. Aku kurus bgt ni sist. Uda usaha gemukin 2bln bru dpt 3 kilo. Pdhl apa aja uda dimakann. Balas ya..

Hon Book Store mengatakan...
1 April 2017 pukul 02.11  

Ubi Jalar juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi anda yang sedang diet, ubi jalar menjadi pilihan yang sangat baik, untuk perawatan tubuh, seperti perawatan rambut dan elastisitas kulit, ubi jalar juga dapat dimanfaatkan. Selain itu, ubi jalar juga berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit, baik ringan maupun berat.

Cari tahu selengkapnya tentang Ubi Jalar hanya di Seri Apotek Dapur: Sehat Tanpa Obat Dengan Ubi Jalar, Berkhasiat Untuk Penyakit Jantung, Stroke, Diabetes, Sampai Pegal Linu :

https://goo.gl/xsq3wb


honbookstore.com

Anonim mengatakan...
11 April 2019 pukul 07.07  

www.lampungservice.com
https://servicecentermito.blogspot.com/
https://www.crunchbase.com/organization/pt-lampung-service
https://youtubelampung.blogspot.com/
https://konsultanhp.wordpress.com/
https://komunitasyoutuberindonesia.wordpress.com
https://youtuberandroid.wordpress.com
https://youtuberterbaikindonesia.wordpress.com

Posting Komentar

rahasia panas
tabungan ekstra
LinkGrand.com
WordLinx - Get Paid To Click

Recent Comments

Top Comments

Site Stats

blogarama - the blog directory berisi tentang semua khasiat yang terdapat di alam Health Blogs - Blog Catalog Blog Directory free counters